STANDAR
KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR (SD) /MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi
modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya
pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan
komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori
bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di
masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai
dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini
disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di
atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan
matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan
dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika
yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan
solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan
memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan
menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan
pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta
didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk
meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan
antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat,
efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan
manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan
matematika
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami
masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi
yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram,
atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Bilangan
2. Geometri dan Pengukuran
3. Pengolahan Data
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi
Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1.
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
1.2.
Mengurutkan bilangan
1.3.
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.4.
Melakukan operasi hitung campuran
1.5.
Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6
Memecahkan masalah yang melibatkan uang
|
Bilangan
2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam
pemecahan masalah
|
2.1
Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2.2.
Menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan.
2.3.
Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan
terbesar (FPB)
2.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KKP dan FPB
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan
satuan derajat
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan
panjang, dan antar satuan berat
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan
waktu, panjang, dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan
kuantitas
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menggunakan
konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajar genjang dan
segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas jajar genjang dan segitiga
|
Kelas
IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat.
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat.
5.4 Melakukan operasi hitung campuran.
|
6. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya.
6.2
Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
6.3. Menjumlahkan pecahan.
6.4. Mengurangkan pecahan.
6.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan
|
7. Menggunakan
lambang bilangan Romawi
|
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi .
7.2. Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi
dan sebaliknya
|
8. Memahami sifat
bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.
8.2. Menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
8.3. Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar
simetris.
8.4. Menentukan hasil pen-cerminan suatu bangun datar.
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan
bulat dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Geometri
dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan
kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan
kecepatan
|
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan layanglayang
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
kubus dan balok
|
Kelas
V, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
Geometri
dan Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan
bangun ruang sederhana
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Komptensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat
dalam pemecahan
masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran,
FPB dan KPK
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
1.3
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar
dan pangkat
|
Geometri dan Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan
masalah
|
2.1 Mengenal
satuan debit
2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran,
dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua
bangun datar sederhana
3.2
Menghitung luas lingkaran
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung
lingkaran
|
Pengolahan
Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
|
4.1
Mengumpulkan dan membaca data
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
4.3 Menafsirkan sajian data
|
Kelas
VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas
tertentu
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
Geometri
dan Pengukuran
6. Menggunakan system koordinat dalam pemecahan masalah
|
6.1
Membuat denah letak benda
6.2
Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam system koordinat Kartesius
|
Pengolahan
Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan
lingkaran
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar